News Update :
Home » , , » 5 Destinasi Budaya Populer di Indonesia

5 Destinasi Budaya Populer di Indonesia

Penulis : Citey Soe on Monday, December 2, 2013 | 7:37 AM

Jakarta - Indonesia mempunyai banyak kekayaan budaya dan sejarah yang agung. Tradisi berusia ribuan tahun, yang merupakan asimilasi dari berbagai kebudayaan dunia, telah menghasilkan adat istiadat yang unik dan jauh lebih kaya ketimbang yang dimiliki oleh negara lainnya.


Setiap orang yang pernah menjelajahi bumi nusantara, pastinya akan selalu menemukan aneka hal baru, mulai dari kebudayaan tradisional sampai hasil karya manusia yang mengagumkan, yang tersusun secara dinamis di seluruh wilayah tanah air.


Minimal, untuk mengeksplorasi khasanah budaya dan tradisi masyarakat yang dimiliki Indonesia tercinta, siapa saja boleh datang ke Museum Nasional yang ada di kawasan Medan Merdeka, Jakarta.


Dengan tiket masuknya yang terbilang sangat murah, tempatini bisa dijadikan referensi awal sebelum menjelajah langsung pesona Indonesia, karena dipenuhi dengan berbagai obyek sejarah, budaya, dan tradisi penting dari seluruh wilayah nusantara.


Meski kebanyakan museum di tanah air masih men-display koleksi yang dimilikinya dengan cara lama, hal itu tidak menyurutkan langkah sejumlah museum lain untuk menghadirkan desain dan tampilan baru, yang bisa dibilang terus bermunculan layaknya jamur di musim hujan.


Seperti dilansir Burufly, berikut lima pusat budaya yang menggali ranah kebudayaan Indonesia dalam bentuk dan cara yang lebih informatif dan segar.


Museum Pusaka Nias, Sumatra Utara

Selama 40 tahun terakhir, seorang pendeta kelahiran Jerman bernama Johannes Hammerle secara konsisten terus berupaya melestarikan warisan budaya Nias.


Berkat hasil kerja kerasnya, sejumlah hasil budaya dan pusaka Nias, sekarang ditampilkan dalam bentuk museum dengan bentuk bangunan bergaya arsitektur Nias, yang ada di pusat kota Gunung Sitoli sambil menikmati lebih dari 6000 obyek karya salah satu kebudayaan megalitik terakhir di muka bumi.


Mondecor Art Center, Jakarta

Kalangan penyuka seni, wajib mengunjungi galeri terbaru yang ada di wilayah Jakarta ini. Meski lokasinya relatif agak sulit untuk dijangkau, namun hal itu akan terbayarkan dengan beragam hasil karya seni modern yang akan membuat pengunjung terperangah, mulai dari lukisan hingga seni instalasi.


Ullen Sentalu, Yogyakarta

Berada di punggung Merapi, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, museum ini menampilkan kehidupan dibalik tembok keraton Jawa masa lampau.


Surat penuh kasih sayang untuk seorang putri yang patah hati, pakaian pengantin Jawa, hingga benda-benda pribadi milik permaisuri terdahulu, semua akan memberikan berbagai pengetahuanbaru tentang kehidupan keluarga kerajaan yang jauh lebih lengkap dari tabloid gosip.


Museum Oei Hong Djien, Magelang, Jawa Tengah

Kolektor, kurator, dan salah satu penasihat utama The National Art Gallery of Singapore Oei Hong Djien baru-baru ini membuka pintu galerinya yang berada di Magelang untuk umum.Koleksi pribadi ini sangat mengagumkan, terdiri dari lukisan, patung dan seni instalasi hasil koleksi selama setengah abad.


Setia Darma House of Masks & Puppets, Ubud, Bali

Walaupun di Jakarta ada Museum Wayang, tempat yang berada di jantung Ubud ini tidak kalah menariknya untuk dikunjungi, dengan koleksi lebih dari 1300 topeng dan hampir 5000 topeng dariJawa, Bali, Lombok, Madura, Kalimantan, Papua dan beberapa negara seperti Jepang dan Papua New Guinea. Semuanya dikumpulkan dan dipilih sendiri oleh sang pemilik yang memiliki minat tinggi terhadap budaya dan dipajang dalam bangunan berarsitektur Jawa dan Bali.


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.