News Update :
Home » , , » Antioksidan Buah Hilang Jika Dijadikan "Infused Water"

Antioksidan Buah Hilang Jika Dijadikan "Infused Water"

Penulis : Citey Soe on Thursday, October 10, 2013 | 5:07 PM

Tren mengonsumsi air putih yang unik dan segar kini dikenal dengan istilah infused water.


Dari penampilannya, infused water sangat menggiurkan, karena mengkreasikan berbagai macam buah dalam satu botol air putih.


Anda bisa memasukkan buah sesuai selera dan kemudian menyimpannya selama 5-6 jam dalam lemari pendingin. Cara mengonsumsi air putih yang unik ini diklaim lebih sehat, benarkah?


dr. Inge Permadhi, MS, SpGK mengatakan, bahwa sebenarnya manfaat antioksidan yang terkandung dalam buah justru hilang saat terpapar oksigen. Namun, manfaat mineral pada air putih tetap berpengaruh bagi asupan cairan bagi tubuh.


'Sebenarnya infused water tidak masalah untuk dikonsumsi sebagai penambah selera untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tapi dengan catatan tanpa gula. Kalau bicara manfaat antioksidan yang dicari dari infused water saya tidak setuju, karena jika bertemu oksigen justru antioksidan hilang,' ujarnya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Kamis (10/10).


Menurut Inge, buah lebih baik jika dikonsumsi langsung ketimbang dijadikan infused water. Sebab, buah yang dijadikan infused water bisa saja terkontaminasi oleh air yang digunakan.


'Misalnya saja apakah airnya itu diletakkan di wadah yang bersih atau tidak. Buah dan alat yang dipakai benar-benar steril atau tidak. Ini harus diperhatikan,' jelasnya merinci.


Inge juga menyarankan, sebaiknya mengonsumsi air putih dengan cara yang biasa, yakni dengan langsung meminumnya. Kandungan mineral dalam air putih justru tak kalah pentingnya bagi tubuh.


'Air tanpa tambahan apapun sudah termasuk zat makro esensial, jadi buat apa repot-repot dicampur ini itu. Buah juga lebih bagus jika dimakan langsung, karena zat gizi yang dikandungnya masih utuh,' tutupnya.


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.