News Update :
Home » , , » Ormas Islam Harus Menebarkan Kedamaian

Ormas Islam Harus Menebarkan Kedamaian

Penulis : Citey Soe on Thursday, December 12, 2013 | 11:09 AM

Yogyakarta ( Berita ) : Organisasi massa Islam harus mencerminkan keislamannya dengan cara menebarkan kedamaian kepada sesama, kata Duta Besar Indonesia untuk Aljazair Ahmad Ni'am Salim.


'Organisasi massa (ormas) Islam seharusnya dapat menangkap semangat tersebut dan membumikannya, bukan malah sebaliknya,' katanya di Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Kamis [12/12] .


Saat memberikan ceramah di hadapan civitas akademika UII, ia mengatakan sikap sebagian pihak yang cenderung intoleransi dan kurang arif dalam memaknai keberagaman di Indonesia dan justru bertentangan dengan semangat Islam itu sendiri patut disayangkan.


'Islam dan keindonesiaan pada hakikatnya meliputi banyak aspek, mulai dari aspek budaya, sosial, hukum hingga politik. Islam dan keindonesiaan saling erat berhubungan,' katanya.


Menurut dia, agama Islam yang tumbuh dan berkembang di Indonesia mempunyai ciri khas yang membuatnya unik yakni semangat kedamaian dan toleransi yang kental karena penyebaran Islam berlangsung secara damai di bumi Nusantara.


'Kemajemukan Islam di Indonesia telah banyak membantu menjembatani hubungan Indonesia dan Aljazair. Di Aljazair, saya terbiasa memakai sarung dalam berbagai kesempatan,' katanya.


Ia mengatakan sarung yang berfungsi menutupi bagian bawah tubuh mempunyai nilai filosofis yakni pemakainya jangan sampai tersarungi pikirannya atau hendaklah bersikap terbuka.


'Pikiran umat Islam pun juga harus demikian, jadilah umat yang berpikir brilian dan terbuka untuk menghadapi kehidupan yang terus maju dan berkembang,' kata Ni'am.


Wakil Dekan FIAI UII Nanang Nuryanta mengatakan kehadiran Dubes Indonesia untuk Aljazair Ahmad Ni'am Salim itu sesuai dengan misi fakultas yang saat ini mengarah pada internasionalisasi.


'FIAI UII dalam waktu dekat akan segera membuka kelas internasional dalam bidang hukum Islam. Timur Tengah sebagai pusat perkembangan Islam tentu saja merupakan titik tolak yang strategis bagi FIAI dalam internasionalisasi kampus,' katanya. (ant )


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.