News Update :
Home » , , » Penyebaran Pengguna Kartu Kredit di Indonesia Belum Merata

Penyebaran Pengguna Kartu Kredit di Indonesia Belum Merata

Penulis : Citey Soe on Tuesday, October 22, 2013 | 3:07 AM

Jakarta - Penyebaran pengguna kartu kredit di Indonesia sejauh ini belum merata. Wilayah pemilikan kartu kredit masih tersebar hanya pada kota-kota besar saja, dan belum dapat menjamah wilayah lain di luar kota besar.


'Dari 15 juta pengguna kartu kredit yang ada di Indonesia, penggunanya masih di dominasi oleh penduduk yang tinggal di kota besar,' terang General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia, Steve Marta, di Jakarta, Selasa (22/10).


Hal ini, lanjut Steve, dikarenakan perilaku konsumen yang menganggap kartu kredit sebagai sebuah alat belanja yang eksklusif. Padahal, kata dia, kartu kredit merupakan alat pembayaran yang praktis dan sangat disarankan oleh pemerintah untuk saat ini.


Selain itu, proses pembuatan kartu kredit yang memerlukan analisa mendalam tentang kondisi keuangan seseorang, membuat banyak pertimbangan untuk pembuatan kartu kredit itu sendiri, khususnya bagi calon pengguna yang ada di kota kecil.


Meski begitu, Steve sendiri berharap di tahun depan, bakal terjadi pertumbuhan yang signifikan untuk jumlah pemegang kartu kredit di Indonesia.


'Untuk tahun depan, pemegang kartu kredit diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar 16 juta,' ujar Steve. 'Pertumbuhan tahun depan masih belum begitu besar karena adanya perlambatan ekonomi sehingga berpengaruh pada keinginan untuk membuat kartu kredit itu sendiri.'


Uniknya, meskipun belum meratanya penyebaran kartu kredit di Indonesia ternyata nilai transaksi kartu kredit berhasil mencapai nilai yang paling tinggi, yakni mencapai Rp 21.000.000.000.000 pada bulan Juli 2013.


'Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut sedang ada libur panjang dan puasa yang mana akan terjadi transaksi pembelian sejumlah barang dan jasa pada saat itu,' jelas Steve.


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.