News Update :
Home » , , » Lewat "Ring of Fire", WWF Kampanyekan Potensi Panas Bumi

Lewat "Ring of Fire", WWF Kampanyekan Potensi Panas Bumi

Penulis : Citey Soe on Sunday, October 27, 2013 | 9:41 AM

Jakarta - Dalam upaya mengkampanyekan pemanfaatan panas bumi (geothermal) sebagai satu sumber energi terbarukan di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan Filipina, World Wildlife Fund (WWF) gencar mempromosikan program 'Ring of Fire' (Cincin Api).


'Seperti diketahui, energi panas bumi bisa dimanfaakan sebagai salah satu sumber pembangkit listrik yang bisa di optimalkan secara berkelanjutan, minim dampak sosial, dan ramah lingkungan,' jelas Indah Sari Wardhani, Koordinator Program Ring of Fire WWF Indonesia, jelang keberangkatan rombongan wartawan dan kementerian terkait, ke Pusat Pembangkit Listrik Panas Bumi Mount Apo, Filipina, Minggu (27/10).


Kunjungan ke Pusat Pembangkit Listrik Panas Bumi Mount Apo, Filipina, yang merupakan rangkaian 'Ring of Fire' ini, dimaksudkan untuk mendukung pengembangan energi terbarukan, khususnya dalam mempercepat pemanfaatan panas bumi di Indonesia.


'Lewat program 'Ring of Fire' ini, WWF memiliki target pada tahun 2015, dapat terjadi perubahan menuju pemanfaatan panas bumi (geothermal) sebagai sumber energi terbarukan dan rendah emisi karbon,' tambahnya.


Menurut WWF, Indonesia mempunyai potensi energi panas bumi yang paling potensial dan terbesar di dunia, dengan kapasitas mencapai 29 Giga-Watt. Sayangnya, kata dia, potensi panas bumi tersebut belum tergarap secara maksimal, karena baru termanfaatkan sekitar 1,2 Giga-Watt.


'Padahal, kebijakan energi nasional telah manargetkan panas bumi sebagai sumber energi, dapat menyokong 5 persen energi nasional pada 2025 mendatang. Namun, sampai saat ini pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi, baru mencapai angka sekitar 1 persen,' lanjut Indah.


'Uniknya, Filipina yang mempunyai sumber energi panas bumi lebih kecil ketimbang Indonesia, malah telah berhasil memanfaatkan sekitar 14,4 persen dari potensi geothermal yang dimilikinya,' pungkasnya.


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.