News Update :
Home » , , » Sepakbola Indonesia Akan Punya Dua Timnas U

Sepakbola Indonesia Akan Punya Dua Timnas U

Penulis : Citey Soe on Thursday, November 28, 2013 | 7:37 AM

Jakarta - PSSI melakukan langkah unik terhadap timnas usia muda. Ke depannya, timnas U-19 tak lagi tunggal, namun akan bertambah menjadi dua. Seperti disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono, tak cuma timnas U-19, hal serupa juga akan diterapkan pada U-16 dan U-14.


'PSSI telah memutuskan, timnas U-19 idealnya ada dua, U-16 ada tiga, dan U-14 ada empat,' ujar Joko, di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11).


Dikatakan Joko, tujuan penggandaan timnas usia muda itu adalah agar terjadi kompetisi sehat di dalam timnas. Nantinya, timnas yang dikirim ke turnamen bergengsi semisal Piala AFF, adalah kumpulan pemain terbaik dari banyak timnas tersebut.


Timnas yang ada lebih dari satu itu direncanakan untuk dibuat punya level elite tersendiri. Semisal timnas U-14 A, B, C dan D, dengan urutan A sebagai yang paling elite. Tujuannya, seperti yang disampaikan, agar pemain terpacu untuk bisa menembus level paling atas.


Motif lain adalah agar bisa menjaring pemain secara lebih mudah, karena sudah terpantau. Sehingga ketika dihadapkan pada sebuah turnamen, tak perlu lagi berkeliling mencari pemain dengan batas waktu yang kerap kali mepet.


Menurut Joko lagi, tempat pembinaan pun sudah disiapkan, yakni di Sawangan, Depok. Di sana menurutnya, akan dibangun semacam pusat pelatihan sepakbola yang dikhususkan kepada timnas usia muda.


Salah satu dasar pemilihan Sawangan sendiri, menurut Joko, adalah karena jauh dari pusat keramaian, sehingga para pemain muda bisa berkonsentrasi pada hal-hal tentang sepakbola saja.


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.