News Update :
Home » , , » Menjelajah Destinasi Eksotis di Sulawesi Utara

Menjelajah Destinasi Eksotis di Sulawesi Utara

Penulis : Citey Soe on Saturday, October 12, 2013 | 6:37 PM

Alfred Wallace, seorang penjelajah, ahli biologi, dan geografi dari Inggris, pernah datang ke Manado pada tahun 1859. Dirinya kemudian menjuluki daerah ini sebagai salah satu kota tercantik di belahan timur Nusantara.


Sementara itu, seorang ichthyologist (ahli ikan) bernama Dr John E Randall, berhasil menemukan banyak spesies baru saat berkunjung ke Bunaken pada tahun 70-an.


Berangkat dari pengalaman kedua tokoh dunia itu, tak salah kiranya jika laman memilih wilayah Sulawesi Utara dengan ragam budaya dan pesona alamnya yang unik, menjadi salah satu destinasi petualangan yang sangat menarik.


Setibanya di Manado, kota ini akan langsung menyambut kalangan wisatawan dengan pesonanya yang menarik, lewat sajian makanan yang lezat dan penduduk yang berpenampilan rupawan.


Kota Manado, bisa dibilang merupakan salah satu lokasi terbaik di Indonesia untuk kalangan penggemar kuliner, mulai dari Tinutuan (bubur beras di campur bayam, jagung dan cabai) di jalan Wakeke, hingga puluhan restoran hidangan laut di pantai Malalayang, membuat budaya kuliner masyarakat Minahasa sangat menarik untuk dikenal lebih dalam lagi.


Setelah puas menghabiskan waktu mengunjungi kawasan pecinan dan singgah di kelenteng Ban Han Kong yang berusia 400 tahun, wisatawan bisa mengunjungi wilayah di luar kota Manado, untuk aktifitas menyelam ( diving) di Bunaken, menyambangi kota dan gunung-gunung di sekitar Tomohon, singgah ke dataran tinggi danau Tondano dan Suaka Alam Tangkoko-Batuangas Dua Saudara yang memiliki primata terkecil dunia bernama tarsier.


Dikenal sebagai surga bagi para penyelam sejak 30 tahun lalu, keindahan bawah laut Sulawesi Utara seakan tidak ada habisnya dengan terus ditemukannya spesies dan titik selam baru. Sering disebut sebagai pusatnya aksi bawah laut, beragam ekosistem yang dimilikinya sangat menarik untuk dijelajahi.


Pulau Bunaken, bagian dari Taman Laut Nasional Bunaken Manado Tua, menawarkan lebih dari 3000 spesies ikan. Taman laut Manado Tua, yang merupakan bekas gunung api, Mantehage, Nain, dan Siladen, semuanya cocok untuk menikmati suasana liburan yang sempurna.


Untuk kalangan penyelam yang lebih berpengalaman, biasanya langsung menuju ke kawasan Lembeh, dimana binatang laut aneh dan unik khas kawasan ini, dapat ditemukan dengan mudah di kedalamanlaut.


Menyusuri lebih jauh ke arah Philipina, terdapat beberapa gugus pulau yang belum banyak dijamah orang. Satu diantaranya adalah kepulauan Sangir Talaud yang memiliki lebih dari 70 gugusan pulau, yang menjadi lokasi sempurna untuk Island Hopping, karena setiap pulau memiliki kejutan tersendiri.


Pesona atas laut wilayah Sulawesi Utara juga memiliki banyak pesona alam yang tak kalah menarik. Ambil contoh, Suaka Alam Tangkoko Batuangas Dua Saudara, dimana kalangan isatawan bisa bertemu dengan binatang eksotik seperti kera hitam, kuskus dan tarsier.


Sementara itu, hewan yang lebih langka dapat ditemukan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang cukup besar, yang membuat kalangan wisatawan harus menginap satu atau dua malam untuk melihat pesonanya secara menyeluruh.


Meskipun saat ini turis tak dapat naik kepuncak Lokon,gunung tanpa kawah yang paling aktif di pulau Sulawesi, wisatawan bisa mendaki gunung Empung yang letaknya berdekatan.


Dalam perjalanan menuju puncak, turis akan menemukan air terjun yang cantik. Untuk pemandangan matahari terbit (sun rise) dan hutan tropis yang spektakuler, wisatawan disarankan untuk mendaki puncak gunung Klabat yang dikenal juga sebagai titik tertinggi di pulau Sulawesi.


Meski wilayahnya terbilang kecil, kawasan Tomohon telah menarik minat ribuan wisatawan dari Manado dan sekitarnya di setiap akhir pekan, lewat pemandangan alamnya yang indah.


Berada di kerimbunan hutan hujan tropis dengan ragam pemandangan menarik, mulai dari gunung hingga sawah dan jajaran pohon kelapa, Tomohon menawarkan banyak hal seru untuk dijelajahi.


Wisatawan dapat mengunjungi dataran tinggi Mahawu untuk melihat Kapel Bunda Maria di puncak bukit, hingga menyaksikan salah satu pasar terunik dunia yang menyajikan menu-menu eksotik seperti ular, tikus, dan kelelawar.


Sejatinya, masih terdapat lebih banyak lagi tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di wilayah Sulawesi Utara. Syaratnya, pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menjelajahi semuanya dengan puas dan meninggalkan kesan mendalam di hati.


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.