News Update :
Home » , , » Persaingan antara Ritel Lokal dan Asing semakin ketat

Persaingan antara Ritel Lokal dan Asing semakin ketat

Penulis : Citey Soe on Wednesday, July 10, 2013 | 5:07 AM

MOBERITA.COM - Seperti yang di informasikan oleh Aprindo sebagai Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, bahwa perkembangan ritel asing di Indonesia pada bulan-bulan belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga ritel-ritel lokal harus siap dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat ini.


Walaupun untuk membuka bisnis ritel di Indonesia pihak asing tidak secara langsung diperbolehkan untuk berdiri sendiri, karena perlu adanya syarat rekanan kerja dari ritel lokal, namun beberapa cara sering dilakukan oleh pihak asing seperti dengan cara technical system dan waralaba di mana pengusaha lokal harus menggunakan brand asing untuk bisnisnya.


Faktor kreativitas dari usaha waralaba lokal saat inilah yang banyak menyebabkan terjadinya kekalahan dalam persaingan dengan usaha waralaba Asing, hal ini juga telah di kabarkan oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) beberapa minggu yang lalu.


Seperti yang dikatakan oleh wakil ketua AFI, Anang Sukendar bahwa untuk mengembangkan usaha waralaba di Indonesia mereka harus melihat bagaimana waralaba asing berkembang dan berfikir untuk produknya, dan bukannya untuk menduplikasi sebuah produk yang telah ada.


Dengan meniru cara berfikir mereka, diharapkan ritel lokal mampu untuk bersaing dengan ritel asing untuk menciptakan produk-produk yang unik, terbaru dan lebih inovatif lagi sehingga dapat meningkatkan perekonomian di dalam negeri.


Share this article :

Post a Comment

 
Home
Copyright © 2013. Berita Unik Indonesia . All Rights Reserved.